Jumat, 14 November 2008

Rencana Mutu Pembelajaran . materi Kuliah Creative Teaching and Learning

SILABUS MATA KULIAH

Program Studi : Psikologi

Kode Mata Kuliah : MKK 405502

Nama Mata Kuliah : Creative Teaching & Learning

Jumlah SKS : Dua

Mata Kuliah Pra Syarat :

Deskripsi Mata Kuliah :

Proses pembelajaran bukan merupakan suatu hal yang sederhana karena melibatkan berbagai hal yang saling terkait. Keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya tergantung pada metode belajar mengajar atau materi saja, namun juga proses pendewasaan peserta didik. Tidak jarang, proses pembelajaran hanya menggunakan metode yang monoton yang membuat peserta didik tidak menjadi tergugah untuk belajar. Mata kuliah ini mencoba menawarkan solusinya karena mengenalkan pada prinsip-prinsip pengajaran; strategi pengajaran; desain pengajaran; interkasi pengajaran yang edukatif; pengelolaan kelas yang efektif; sumber belajar dalam pengajaran; pengenalan model pembelajaran yang menyenangkan: prinsip-prinsip Quantum Learning; faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar: gaya belajar; memori; kiat mencatat dan menulis; berpikir logis & kreatif; serta mengenalkan cara mengelola kelas yang kreatif.

Standar Kompetensi :

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip pembelajaran yang kreatif sehingga dapat tercipta image baru tentang proses belajar mengajar yaitu proses belajar mengajar merupakan peristiwa yang menyenangkan

Kompetensi Dasar

Indikator

Pengalaman Pembelajaran

Materi Ajar

Waktu

Alat/Bahan Sumber Belajar

Penilaian

Mengindentifikasi prinsip-prinsip pengajaran

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

1. Menjelaskan subjek pengajaran

2. Menjelaskan prinsip-prinsip pengajaran

1. Mengkaji masalah subjek pengajaran

2. Mengkaji dan mendiskusikan prinsip-prinsip pengajaran

1. Subjek Pengajaran: guru dan peserta didik

2. Prinsip-prinsip pengajaran: aktivitas, motivasi, individualitas, lingkungan, konsentrasi, kebebasan, peragaan, kerjasama dan persaingan, apersepsi, korelasi, efisiensi dan efektivitas, globalitas, permainan dan hiburan

100’

OHP, LCD, Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kuis

Memahami strategi pengajaran

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

  1. Menjelaskan pengertian tentang strategi pengajaran
  2. Menjelaskan pengelompokan strategi pengajaran.
  3. Menjelaskan salah satu model strategi pengajaran : CBSA.

1. mengkaji dan mendiskusikan pengertian tentang strategi pengajaran.

2. mengkaji dan mendiskusikan pengelompokan strategi pengajaran

3.mengkaji dan mendiskusikan salah satu model strategi pengajaran: CBSA

1. pengertian tentang strategi pengajaran.

2. pengelompokan strategi pengajaran.

3. strategi pengajaran model CBSA

100’

OHP, LCD, Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kuis

Memahami desain pengajaran

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

  1. Menjelaskan pengertian tentang desain
  2. menjelaskan pengertian tentang pengajaran
  3. menjelaskan tentang desain pengajaran
  4. menjelaskan tentang beberapa pola pengajaran
  5. menjelaskan tentang komponen dalam desain pengajaran

1. mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian desain

2. mengkaji dan mendiskusikan pengertian tentang pengajaran.

3. mengkaji dan mendiskusikan tentang desain pengajaran

4. mengkaji dan mendiskusikan tentang beberapa pola pengajaran

5. menjelaskan tentang komponen pengajaran.

1. pengertian desain.

2. pengertian pengajaran.

3. pengertian tentang desain pengajaran.

4. pola-pola pengajaran

5. komponen desain pengajaran.

100’

OHP, LCD, Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kuis

Memahami interaksi pengajaran yang edukatif

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

  1. Menjelaskan unsur-unsur dalam pengajaran: normative dan teknis
  2. Menjelaskan gambaran interaksi yang edukatif
  3. Menjelaskan faktor-faktor di dalam interaksi.

1. mengkaji dan mendiskusikan tentang unsur-unsur dalam pengajaran: normative dan teknis

2. mengkaji dan menjelaskan tentang interaksi yang edukatif

3. mengkaji dan menjelaskan tentang foktor-faktor dalam interaksi.

1. unsur normative dan teknis dalam interaksi pengajaran yang edukatif

2. penjabaran tentang interaksi yang edukatif

3. faktor-faktor yang terdapat dalam interaksi

100’

OHP, LCD, Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kuis

Memahami pengelolaan kelas yang efektif

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

  1. Menjelaskan tentang latar belakang pemikiran pengelolaan kelas yang efektif.
  2. menjelaskan perbedaan ataupun persamaan antara pengelolaan kelas dan pengelolaan pengajaran.
  3. menjelaskan masalah pengelolaan kelas.
  4. menjelaskan usaha-usaha preventif dalam pengelolaan kelas.
  5. menjelaskan tentang adminsitrasi teknis.
  6. menjelaskan beberapa pendekatan dalam pengelolaan kelas.
  7. menjelaskan hambatan yang mungkin muncul di dalam mengelola kelas.

1. mengkaji dan mendiskusikan landasan berpikir tentang pengelolaan kelas yang efektif.

2. mengkaji dan mendiskusikan tentang perbedaan dan persamaan antara mengelola kelas dengan mengelola pengajaran.

3. mengkaji dan mendiskusikan tentang masalah-masalah yang timbul seputar pengelolaan kelas.

4. mengkaji dan mendiskusikan usaha-usaha preventif dalam mengelola kelas.

5. mengkaji dan mendiskusikan tentang administrasi teknis.

6. mengkaji dan mendiskusikan beberapa pendekatan dalam pengelolaan kelas.

7. mengkaji dan mendiskusikan hambatan yang mungkin timbul di dalam mengelola kelas.

8.merancang model kelas yang efektif.

1. landasan berpikir tentang pengelolaan kelas yang efektif

2. perbedaan dan persamaan antara pengelolaan kelas dan pengelolaan pengajaran

3. masalah-masalah pengelolaan kelas

4. usaha preventif dalam pengelolaan kelas

5. administrasi teknis

6. pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas

7. hambatan dalam pengelolaan ke


RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Wiwien Dinar Pratisti, Dra. MSi

Prgram Studi : Psikologi

Kode Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah : Creative Teaching & Learning

Jumlah SKS : Dua

Kelas/Semester :

Pertemuan : Pertama

Alokasi Waktu : 100 menit

I. Standar Kompetensi :

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip pembelajaran yang kreatif sehingga dapat tercipta image baru tentang proses belajar mengajar yaitu proses belajar mengajar merupakan peristiwa yang menyenangkan

II. Kompetensi Dasar :

1. Mengindentifikasi prinsip-prinsip pengajaran

III. Indikator :

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

1. Menjelaskan subjek pengajaran

2. Menjelaskan prinsip-prinsip pengajaran

IV. Materi Ajar :

1. Subjek Pengajaran: guru dan peserta didik

2. Prinsip-prinsip pengajaran: aktivitas, motivasi, individualitas, lingkungan, konsentrasi, kebebasan, peragaan, kerjasama dan persaingan, apersepsi, korelasi, efisiensi dan efektivitas, globalitas, permainan dan hiburan

V. Metode/Strategi Pembelajaran : Diskusi Kelompok dan ceramah

VI. Tahap Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal :

Dosen membuka pelajaran dan menjelaskan tentang subjek pengajaran serta prinsip-prinsip pengajaran

B. Kegiatan Inti :

- Dosen membagi mahasiswa menjadi tiga kelompok,

- Masing-masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang telah ditentukan dosen.

- Mahasiswa membuat laporan hasil diskusi kelompok

- Masing-masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas

- Dosen memberi komentar dan arahan hasil diskusi

C. Kegiatan Akhir :

Dosen membuat beberapa pertanyaan untuk kuis

VII. Alat/Bahan/Sumber Balajar :

A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop

B. Bahan/Sumber Belajar : Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

VIII. Penilaian :

A. Teknik dan instrument penilaian :

1. Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (Akt)

2. Hasil Kuis (Kuis)

B. Kriteria Penilaian :

Akt + Kuis

2


RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Wiwien Dinar Pratisti, Dra. MSi

Prgram Studi : Psikologi

Kode Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah : Creative Teaching & Learning

Jumlah SKS : Dua

Kelas/Semester :

Pertemuan : Kedua

Alokasi Waktu : 100 menit

I. Standar Kompetensi :

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip pembelajaran yang kreatif sehingga dapat tercipta image baru tentang proses belajar mengajar yaitu proses belajar mengajar merupakan peristiwa yang menyenangkan

II. Kompetensi Dasar :

1. Memahami strategi pengajaran

III. Indikator :

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

1.Menjelaskan pengertian tentang strategi pengajaran

2. Menjelaskan pengelompokan strategi pengajaran.

3. Menjelaskan salah satu model strategi pengajaran : CBSA.

IV. Materi Ajar :

1. pengertian tentang strategi pengajaran.

2. pengelompokan strategi pengajaran.

3. strategi pengajaran model CBSA

V. Metode/Strategi Pembelajaran : Diskusi Kelompok dan ceramah

VI. Tahap Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal :

Dosen membuka pelajaran

B. Kegiatan Inti :

- Dosen menjelaskan tentang strategi pengajaran, pengelompokan strategi pengajaran; dan stratei pengajaran model CBSA

- Dosen membuka kesempatan untuk Tanya jawab

D. Kegiatan Akhir :

Dosen membuat beberapa pertanyaan kuis

VII. Alat/Bahan/Sumber Balajar :

A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop

B. Bahan/Sumber Belajar :

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

VIII. Penilaian :

VI. Teknik dan instrument penilaian :

1.Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (Akt)

2.Hasil Kuis (Kuis)

B. Kriteria Penilaian : Hasil kuis

RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Wiwien Dinar Pratisti, Dra. MSi

Prgram Studi : Psikologi

Kode Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah : Creative Teaching & Learning

Jumlah SKS : Dua

Kelas/Semester :

Pertemuan : Ketiga

Alokasi Waktu : 100 menit

I. Standar Kompetensi :

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip pembelajaran yang kreatif sehingga dapat tercipta image baru tentang proses belajar mengajar yaitu proses belajar mengajar merupakan peristiwa yang menyenangkan

II. Kompetensi Dasar :

1. Memahami desain pengajaran

III. Indikator :

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

1. Menjelaskan pengertian tentang desain

2. Menjelaskan pengertian tentang pengajaran

3. Menjelaskan tentang desain pengajaran

4. Menjelaskan tentang beberapa pola pengajaran

5. Menjelaskan tentang komponen dalam desain pengajaran

IV.Materi Ajar :

1. pengertian desain.

2. pengertian pengajaran.

3. pengertian tentang desain pengajaran.

4. pola-pola pengajaran

5. komponen dalam desain pengajaran

V. Metode/Strategi Pembelajaran : Diskusi dan ceramah

VI. Tahap Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal :

Dosen membuka pelajaran

B. Kegiatan Inti :

- Dosen menjelaskan tentang pengertian desain, pengajaran, desain pengajaran, pola-pola pengajaran serta komponen dalam desain pengajaran,

- Dosen membuka kesempatan untuk Tanya jawab

C. Kegiatan Akhir :

Dosen membuat beberapa pertanyaan untuk kuis

- Alat/Bahan/Sumber Balajar :

A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop

B. Bahan/Sumber Belajar :

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

VIII. Penilaian :

A. Teknik dan instrument penilaian :

a. Hasil Kuis (Kuis)

B. Kriteria Penilaian : Hasil kuis

RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Wiwien Dinar Pratisti, Dra. MSi

Prgram Studi : Psikologi

Kode Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah : Creative Teaching & Learning

Jumlah SKS : Dua

Kelas/Semester :

Pertemuan : Keempat

Alokasi Waktu : 100 menit

I.Standar Kompetensi :

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip pembelajaran yang kreatif sehingga dapat tercipta image baru tentang proses belajar mengajar yaitu proses belajar mengajar merupakan peristiwa yang menyenangkan

II.Kompetensi Dasar :

Memahami interaksi pengajaran yang edukatif

III. Indikator :

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :

  1. Menjelaskan unsur-unsur dalam pengajaran yang edukatif: normative dan teknis
  2. Menjelaskan gambaran interaksi yang edukatif
  3. Menjelaskan faktor-faktor di dalam interaksi.

IV.Materi Ajar :

1. unsur normative dan teknis dalam interaksi pengajaran yang edukatif

2. penjabaran tentang interaksi yang edukatif

3. faktor-faktor yang terdapat dalam interaksi

V.Metode/Strategi Pembelajaran : Diskusi Kelompok dan ceramah

VI. Tahap Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal :

Dosen membuka pelajaran

B. Kegiatan Inti :

- Dosen membagi mahasiswa menjadi dua kelompok,

- Masing-masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang telah ditentukan dosen.

- Mahasiswa membuat laporan hasil diskusi kelompok

- Masing-masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas

- Dosen memberi komentar dan arahan hasil diskusi

  1. Kegiatan Akhir :

Dosen membuat beberapa pertanyaan untuk kuis

VII.Alat/Bahan/Sumber Balajar :

A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, kertas plano

B. Bahan/Sumber Belajar :

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

VIII. Penilaian :

A.Teknik dan instrument penilaian :

1. Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (Akt)

b. Hasil Kuis (Kuis)

B. Kriteria Penilaian :

Akt + Kuis

2